Mariah Carey - We belong together

Minggu, 05 Februari 2012

terjebak dan terjebak

cerita gue hari ini sungguh kecewa tapi seru juga.
nih yah, bangun tidur gue udah disuruh nganter nyokap ke toko kue bawaan buat acara Maulid Nabi di Mesjid deket rumah gue.
yowes dong gue anterin.
eh pas nyampe rumah taunya gue disuruh ganti baju dan mesti ngikut beliau buat ke Mesjid pula.
dengan wajah setengah suram, akhirnya gue pun ngikut.

tapi, ditengah perjalanan gue ngerasa males banget (=_==")
pas nyokap gue nyampe Mesjid dan masuk, gue liat situasi. gue bawa teropong bintang yang ada di Bandung, gue colong dan gue pake buat nengokin nyokap gue siapa tau gak nyari-nyari gue.
soalnya, pas nyokap masuk mesjid dengan penuh suka cita gue pun berusaha melarikan diri dari ancaman ibu-ibu dan para manula-manula itu.

dan beberapa saat gue lagi asik-asiknya ngintipin nyokap yang hampir masuk Mesjid, tiba-tiba s Bibi 
(babysiter, yang jagain ade gue paling kecil) dateng dengan wajah penuh kegalauan, dan dia disuruh bokap buat nanyain  barang yang tadi pagi gue beliin ( tapi tokonya malah tutup ).

lo tau kan ini kesempatan emas buat gue. 

pas nyokap masuk Mesjid gue ga berani langsung balik arah dan pulang. makanya, pas s bibi nyusulin gue. gue cabut dah ke rumah.
eh taunya gue disuruh lagi sama bokap, gue disuruh bawain barangnya di rumah sodara gue yang rumahnya ga jauh dari rumah gue.
#beginilah nasib jadi anak pertama dan ga ada anak cowo. selalu jadi sasaran empuk buat nganter kemana-mana. termasuk benerin genteng (lho?enggalah yah, itumah ada tukangnya)
tapi gapapa sih, gue ikhlas kok.nyokap gue aja ikhlas ngelahirin anak secantik gue (gubrak),lagian nih yah. masa iya ade gue yang cowo, umur 6 taun mesti disuruh-suruh buat kesana-sini nyetir mobil atau motor :D

serem juga kali yah. kebayang deh anak balita nyetir mobil atau motor. itu kakinya segede apa coba ? masaiya kayak s MR.BEAN pake alat semacam tongkat (itu lho pas episode beli barang-barang rumah, saking banyaknya s MR.BEAN jadi duduk diatas mobil). wahwahwah ga kebayang deh kayak apa.
kalo misalkan nabrak 12orang, masa iya balita yang gatau apa-apa itu dipenjarain juga kayak kasus yang lagi booming sekarang. berarti kalo gitu, pengacaranya juga mesti balita juga dong yah.
kebayang deh pas ke tempat pengadilan s tersangka sama pengacaranya pake dot, bawa botol susu, terus pake clemek,bawa wajan, bawa kompor, bawa gas dan bawa garam secukupnya (mau masak kali ah),lanjut ! 

nah terus pas gue ke rumah sodara, gue ketemu wawa dan sodara gue Teh Nina. gue ditanya dong darimana. gue jawab dengan penuh kepolosan :
" dari rumah wa, abis kabur dari Mamah. soalnya disuruh ngikut ke Mesjid. eh pas disuruh Papah kesini,mau aja deh. yowes deh Mamah ditinggalin didalem Mesjid".
ekspresi wawa gue bagus banget,antara kaget+kasian sama nyokap gue+juga heran sama ide aneh gue.

nah abis itu, ceritanya udah aja yah dirumah.
eh pas nyampe ade gue yang kecil malah pengen nyusul nyokap. dan kebentulan s Bibi juga ngikut ke Mesjid. alhasil gue juga yang nganterin s dede abay (sapaan akrabnya).
pas nyampe disana, mampus !
lo tau apa yang terjadi ?
gue malah ditahan disana, mesti nunggu sampe adzan magrib selese (puasa kali mesti nunggu adzan magrib). ya, gue nurut aja.
karna mungkin ini karma, gara-gara tadi gue ngumpet dan berniat kabur dari nyokap.
tapi lo tau ga ? disana gue berbaur sama ibu-ibu, manula malahan yang mendominasinya juga. 
waktu itu gue serasa jadi Putri Bangsawan juga Ratu Sejagad disiang bolong yang menyamar jadi orang biasa. gue ngerasa paling muda dan paling cantik diantara semuanya ( yaiyalah, gue duduk deket ibu-ibu sama anak-anak kecil), jadi pantes ajah gue paling cantik karna emang paling cantik (kembang desalah yah gue#narsis terus sampe puasss)

tapi ternyata asik juga kok pergi bareng nyokap. dan lagian disana gak serem-serem amat,gue gak berubah jadi peot karna ngikut acara ini. malahan kita dapet ilmu dari si penceramah. terusan gue juga jadi makin kompak dong sama nyokap :')


nah, lanjut ke saing hari yah.

penderitaan gue kala itu belum berakhir sampe disitu. gue kembali terjebak dan terjebak lagi.
gue malah disuruh nemenin nyokap ke kondangan. 
tanpa jeda buat menghela napas sejenak pun gue ga sempet. istilahnya nih yah baru juga brojol (nongol,lahiran), frematur pula, udah disuruh nyuci piring,ngepel ubin+cuci mobil. #ajaib bener tuh bayi, udah frematur tapi sehat betul, langsung jadi cleaningservice lagi :D
dan ketika nyokap sedang asik menyantap hidangan disana, gue cuma bisa melongo. soalnya gue ga ikut makan (tensin juga, soalnya lumayan gede lah acaranya). dan ketika gue sedang asik-asiknya ngiler sambil melongo kebingungan (amit-amit, cuma perumpamaan doang.jangan kaget gitu dong mukanya mesem banget, kusut pula. setrika sana ! lho?)
 dan tiba-tiba ditengah lapangan sepak bola (dih?ini acara nikahan apa maen bola sih?).
lanjut ! 

trengtrengtreng,,,
ibu-ibu paruh baya, dengan berpakaian dres panjang dan memakai kerudung yang gak pake peniti. lo tau gimana  caranya ?
#pake paku ?
*enggalah
#peke jarum suntik?
*apalagi,enggalah
#ohhhh, pake apa dong ? (bilangnya oh, tapi tetep bego)
*susah yah kalo ngomong sama orang bego, malah jadi ikutan bego (lha?gue dong?kampvret)

s ibu itu pake kerudung cuma dikaitin ke telinganya aja.
kebayang dong kayak apa?
gue juga heran, kok bisa gituh ada yang cuek banget ke acara kondangan yang cukup mewah. (sambil bercucuran air mata saking kasian liat ibu itu pake kerudung tanpa peniti. apa iya peniti limaratus perakpun gak kebeli.tragis banget)

dan dia bilang apa coba pas lewat kursi gue, dan pamit sama temennya yang disebelah gue.
"yu ah, duluan yah ! udah kenyang ini"
gue => muka setengah sadar, berenti ngedipin mata saking kagetnya denger itu ibu-ibu.
gue ga abis pikir, tu ibu-ibu sebenernya niat makan apa mau ngabisin ketring sih? (sama aja)
biasanya kan niatnya ngucapin selamat, atau ngasi kado kek.
nah ini ?
malah bilang udah kenyang ah, lo kira hajatan bapa lo?

dan gue pikir, s ibu ini sengaja ga makan dari taun kemaren hanya untuk berniat makan di acara undangan ini. dan kayaknya pas makan, pirangnya ga tau segede apa. mungkin juga segede wajan yang khusus buat ketringan tuh (gede banget, diameternya sekitar 2hektar), dan makannya pun langsung sama wajan-wajannya(lho?).
atau jangan-jangan makanannya diambil diem-diem dan bawa ke rumah pake kantong kresek ukuran XL. waw ....

lanjuttt !
karna gue dari dulu emang dididik buat jadi anak yang slalu berbakti.(cieelah). jadi, gue mesti nurutin apa kata bokap juga nyokap gue. supaya gue jadi anak solehah (yeeee, amin).jadi intinya, apa yang gue lakuin hari ini, dulu, dan selamanya insyaalloh akan slalu senantiasa ikhlas ngelakuin hal apapun buat mereka berdua.


nah . . . darisitu gue baru nyadar kalo apa yang mereka didik selama ini sangat membantu gue buat masa depan gue kelak. karna keluarga gue ini menganut sistem  pemerintahan Demokrasi (aseeeek, PKN kaliii), nih yah emang selagi masih bayi nyampe anak remaja, kita (anak-anaknya) dapet bantuan dari Pembantu Rumah tangga, maksudnya emang diurusinnya sama pembantu (soalnya nyokap sama bokap sibuk kerja nyampe sore, kadang bokap sering keluar kota buat ngurusin kerjaannya. bahkan pergi ke luar pulau Jawa buat menghadiri acara festival-festival Seni disananya).tapi ketika kita beranjak dewasa, mesti serba sendiri dan mandiri. tapi kalo emang bener-bener ga bisa sendiri, baru minta bantuan  Bibi .

JADI, nih yah ! sebagai anak yang baik kita mesti turutin apa yang mereka mau. karna mereka pun begitu, selalu memberikan yang terbaik buat kita :)
JANGAN SIA-SIA KAN MEREKA KAWAN, SELAGI MEREKA MASIH ADA DISAMPING KITA. BAHAGIAKANLAH MEREKA, BERIKAN YANG TERBAIK BUAT MEREKA. JUGA, BUATLAH MEREKA BANGGA MEMILIKI ANAK SEPERTI KITA. JANGAN SAMPAI BUAT MEREKA KECEWA, APALAGI SAMPAI BUAT MEREKA MENETESKAN AIR MATA kekecewaan, JANGAN SAMPAI :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kalau lu ga cupu, komen here :D